Hal Penting dalam Mengajar Matematika






Banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengajarkan matematika pada anak. Bahkan bukan hanya matematika saja, tapi mengajarkan pelajaran yang lain juga. Mengajar bukan sebatas menyampaikan suatu materi, tetapi perlu konsep diri yang positif dan seni dalam membawakan dan menyampaikan materi. Maka bagi seorang guru/pendidik penting memiliki konsep diri yang baik. Seorang guru harus mampu mengatur irama pembelajaran, sehingga meminimalkan kegagalan dalam penyampaian materi.



Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajar peserta didik:
  1. Peserta didik harus dalam keadaan rileks dan gembira saat belajar. Ketika peserta didik dalam keadaan rileks, kemungkinan dari kemampuannya menyerap materi yang disampaikan jauh lebih baik. Dalam keadaan rileks peserta didik dapat menangkap dengan mudah materi yang disampaikan.

  1. Berikan motivasi kepada peserta didik, motivasi dapat digunakan untuk mendorong peserta didik semangat dalam belajar. Motivasi yang diberikan juga harus sesuai dengan kondisi karakteristik peserta didik.


  1. Pilih dan gunakan metode yang efektif dan bervariasi. Metode yang efektif dan bervariasi dapat memberikan pengalaman yang bervariasi. Metode yang dipilih dapat dikembangkan sendiri untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik. Suatu metode dikatakan efektif jika mendapatkan hasil yang diharapkan atau tujuan dari pembelajaran telah tercapai.

  1. Berikan soal yang menantang, namun jangan terlalu sulit. Memberikan soal yang menantang bisa diiringi dengan memberikan motivasi berupa sesuatu yang menjanjikan kepada peserta didik.

  1. Memberikan ekspektasi yang tinggi kepada murid. Membangun suatu ekspektasi kepada murid sampai mendekati akhir, lalu berhenti. Maka peserta didik akan banyak bertanya-tanya dan membangkitkan keingintahuan.

  1. Menyampaikan materi dengan pilihan kata, intonasi dan bahasa tubuh yang positif. Kata yang terucap harus disertai dengan bahasa tubuh yang sesuai.

  1. Jaga kontak dengan pikiran.

  1. Jaga pikiran agar senantiasa berpikir positif.

Itulah sebagian dari banyak hal yang perlu dalam menyampaikan materi pelajaran. Pembelajaran akan terlaksana dengan baik jika segala hal yang dapat mendorong keberhasilan itu diprioritaskan dan diterapkan dengan baik.

Selamat mencoba ya saran nya ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.